jual perlengkapan rumah unik

pempekkita.com - pesan pempek palembang

Rizman A Nugraha, Orang Indonesia Pertama Yang Terbang ke Luar Angkasa

Rizman A Nugraha Pria, 26 tahun asal Bangka Belitung ini tak lama lagi menjadi orang pertama yang akan terbang ke luar angkasa. Rizman A Nugraha akan berada di luar angkasa selama 6 menit. Bila memungkinkan, dia akan menyaksikan planet bumi dari sudut pandang yang tidak biasa.

Bermodal niat dan tekad, anak pertama dari 7 bersaudara itu, mengikuti sebuah tantangan di sebuah iklan. Dan menjadi awal Rizman akhirnya terpilih menjadi satu satunya perwakilan Indonesia yang akan mengikuti misi ke luar angkasa.

Untuk menyisihkan puluhan ribu pesaing pun rupanya memiliki banyak persyaratan. Berbagai tes akademis ditempuh hingga akhirnya Rizman berhasil masuk ke dalam 40 besar peserta Indonesia yang akan menjalani National Space Camp di Jakarta pada September 2013 lalu.

Semua ujian berhasil dilalui Rizman hingga akhirnya dirinya berhasil menjadi salah satu dari 3 finalis asal Indonesia yang akan bertarung dengan ratusan peserta dari 62 negara di Global Space Camp di Florida, Amerika Serikat pada Desember 2013 lalu.

Di Florida, tantangan yang dihadapi Rizman serta 2 finalis lain asal Indonesia pun tak mudah. Berbagai ujian mental dan ketahanan fisik khas astronot pun dijalani selama 5 hari, hingga akhirnya Rizman berhasil terpilih menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang akan terbang ke luar angkasa bersama 22 peserta lainnya yang berasal dari seluruh dunia.

Waktu tempuh perjalanan Rizman diperkirakan sekitar 60 menit. Pria yang bekerja sebagai staf HRD di perusahaan konsultan ini akan pulang-pergi menembus lapisan atmosfer dan berada di luar angkasa selama enam menit.

Hingga kini, belum ada arahan dari pihak penyelenggara space travel terkait misinya selama 6 menit di sana. Namun kemungkinan besar, dia akan sibuk melihat pemandangan menakjubkan saja. Namun, bila diizinkan dia hanya ingin berfoto-foto di langit gelap namun penuh cahaya alam tersebut. Bahkan mungkin bisa sesekali selfie di luar angkasa.

Pesawat Ulang Alik Canggih yang Dinaiki Rizman ke Luar Angkasa


Pesawat tersebut milik XCOR Aerospace. Menurut Rizman, dia dan 23 orang lain dari 23 negara adalah orang-orang pertama yang akan menggunakan pesawat tersebut. Setelahnya, perusahaan tadi akan mengkomersilkan perjalanan ke luar angkasa sebagai salah satu pilihan wisata. Tentu saja hanya untuk orang-orang berkocek tebal.

Dikutip dari situs XCOR.com, pesawat Lynkx Mark II adalah pesawat yang memang didesain untuk membawa manusia ke luar angkasa secara bolak-balik. Pesawat itu bisa digunakan kembali untuk mengangkut penumpang lainnya atau disebut dengan reusable launch vehicle (RLV).

Lynkx Mark II berkapasitas dua orang dan mampu terbang ke luar orbit hingga berjarak 100 km. Konsep RLV memang terbilang baru, karena selama ini penerbangan pesawat ulang alik lebih banyak menggunakan roket sekali jatuh lalu pesawatnya mengangkasa secara terpisah.

Pesawat ulang alik canggih ini diklaim bisa digunakan untuk 4 kali penerbangan sehari. Untuk Rizman, bila 23 orang, maka bisa jadi ada beberapa kali penerbangan dalam sehari.

Pesawat ini juga diklaim terjamin keamanannya serta biaya perawatannya yang tidak terlalu mahal. Seluruh komponennya didesain untuk bisa bertahan menembus atmosfer dengan sistem perlindungan panas di hidung pesawat. Sayapnya sepanjang 9 meter dan didesain agar bisa mendarat dengan kecepatan 90 knot.

Konsep wisata ke luar angkasa memang sedang tren akhir-akhir ini. Selain XCOR Aerospace, ada juga grup Virgin yang menawarkan konsep serupa. Namun ongkosnya memang sangat mahal. Calon peserta harus terlebih dulu mengisi aplikasi secara online dan membayar USD 250.000, atau setara dengan Rp 3,2 miliar per orangnya.

Sayangnya, saat percobaan penerbangan pesawat SpaceShipTwo yang memiliki kapasitas enam orang dengan dua pilot yang mengoperasikannya, gagal. Pesawat tersebut kecelakaan saat hendak lepas landas dan kopilotnya tewas.